Posted by: euzoia | October 9, 2010

Kolesterol

Mengapa kolesterol berbahaya? Ini merupakan suatu pertanyaan yang universal.
Berkolesterol tinggi adalah berarti beresiko mendapat
serangan jantung atau stroke (pembuluh darah di otak
pecah). Ciri-ciri berkolesterol tinggi adalah: pegal-pegal di
belakang leher dan kaki, pusing-pusing secara
intermitten (pusing sedetik, kemudian normal lagi).
Selanjutnya akan mengakibatkan tekanan darah tinggi,
serangan jantung, dan stroke. Penduduk Finlandia adalah pen-konsumsi makanan hewani
yang tertinggi di dunia, sehinggi rata-rata memiliki
skala 265 (kolesterol total). Penduduk Amerika utara
berada pada urutan kedua, yaitu 212. Setiap tahunnya sekitar 1,1 juta American yang
mengalami serangan jantung (ini adalah jauh lebih
berbahaya dari pada serangan Osama, dah). Disisi lainnya, orang jepang memiliki skala kolesterol
(lemak hewani) yang terendah, yaitu rata-rata 165.
Karena lebih banyak meng-konsumsi sayur-sayuran.
Tetapi, orang Jepang yang tinggal di Amerika memiliki
nasib yang sama dengan umumnya penduduk di kawasan
Amerika Utara. Skala kolesterol total yang ideal
adalah dibawah 200, dimana kolesterol LDL maksimal
130, HDL minimal 40.  Sehingga kalangan medis menyimpulkan cara yang terbaik
untuk menghindari penyakit kolesterol tinggi adalah
merubah menu makanan dan dibantu dengan olah raga
minimal 3 kali 30 menit dalam seminggu . Prinsipnya adalah mengurangi makanan-makanan yang
berasal dari produk hewani seperti: daging merah,
jeroan, kuning telur, udang, cumi-cumi, keran. Dan
menggantikannya dengan sayur-sayuran, kentang,
buah-buahan.    Bahan Makanan yang Sehat
———————————— Makanan yang mengurangi kolesterol adalah
makanan-makanan yang mengandung: – serat (fiber) Serat mengurangi kolesterol dan kanker di alat
pencernaan manusia. – Vitamin-vitamin B Vitamin B3 membantu pembentukan kolesterol HDL.
Vitamin B6, untuk menyehatkan hormon pria yang
terganggu oleh kolesterol. – Vitamin C. Vitamin C dan E adalah komponen anti oksidan yang
menghalangi pembentukan lemak jenuh (saturated fat,
kolesterol LDL). Selanjutnya memperlancar sistem
peredaran darah. – Mono unsaturated fat. Ini adalah lemak tidak jenuh, yang membentuk
kolesterol HDL (high density lipoprotein, adalah
kolesterol yang baik) yang berfungsi mengurangi
kolesterol jahat LDL (low density lipoprotein,
saturated fat)).  Mono unsaturated fat biasanya berasal dari tumbuhan
atau ikan laut.
Menu Makanan yang Sehat
———————————— 1. Sayur-sayuran Sayuran hijau mengandung fiber (serat) dan vitamin E.
Sayuran dan buah-buahan berwarna merah/ungu mengandung Beta Karoten (pembentuk vitamin A). 2. Tempe. Tempe adalah bahan pengganti daging sebagai sumber
protein. Selain itu, tempe juga mengandung fiber,
kalium (bahan pembentuk tulang, baik untuk orang tua
karena mencegah keropos tulang), multivitamin dan
mineral. Tempe adalah salah satu makanan yang terbaik
didunia, berasal dari pulau jawa, tetapi dapat
diperoleh di supermarket Asian Food atau di
supermarket makanan bergengsi seperti Wegman di
Amerika. Untuk Indonesia, silahkan cari sendiri pada
tukang-tukang asongan atau warteg, dah.  3. Almond Adalah sejenis kacang-kacangan yang mengandung “mono
unsaturated fat” (lemak tidak jenuh, pembentuk
kolesterol HDL). Walnut atau kenari mempunyai efek
yang sama. 4. Apple. Mengandung fiber dan vitamin C. Peneliti Perancis menemukan bahwa mengkonsumsi 2-3
apple setiap hari dalam 1 bulan, akan mengurangi
kolesterol sampai 10%. 5. Avocados (alpukat) Mengandung mono unsaturated fat. Mengurangi kolesterol
total dan LDL sampai 8%. 6. Bean (sayur buncis) Buncis adalah salah satu makanan yang terbaik.
Mengurangi kolesterol sampai 20% dalam 1 bulan. 7. Carrots Semua sayuran yang berwarna merah, orange, kuning
mengandung beta karoten (bahan pembentuk vitamin A).
Mengurangi kolesterol 10 – 20% dalam 1 bulan. 8. Garlic (bawang putih) Apa saja yang dikatakan orang mengenai kemanjuran
bawang putih adalah benar adanya. Ini adalah makanan yang terbaik untuk mengurangi
kolesterol. 9. Grapefruit (buah anggur) Mengandung fiber dan vitamin C, mengurangi kolesterol
sampai 10% dalam beberapa bulan. Tetapi minuman anggur tidak mengurangi kolesterol,
malah membuat mabok. 10. Oat. Oat adalah sejenis gandum, biasanya dalam bentuk
makanan kaleng instant. Di Indonesia disebut havermuth
(Belanda). Meningkatkan kadar HDL sampai 15% dalam
beberapa bulan. 11. Olive Oil (minyak goreng zaitun) Merupakan sumber mono unsaturated fat, dalam 15 ml
mengandung 10 gram mono unsaturated fat. Canola oil mengandung 8 gram mono unsaturated fat. Minyak jagung (margarine) mengandung 4 gram mono unsaturated fat. Sedangkan minyak goreng Indonesia adalah sangat buruk
bagi penderita kolesterol, karena dibuat dari minyak
kelapa yang merupakan sumber saturated fat. 12. Onion (jenis bawang) Berkualitas hampir sama dengan bawang putih. 13. Potatoes (kentang) Mengandung fiber dan karbo hidrat. Adalah bahan
makanan utama, sebagai pengganti: mie, roti, nasi. 14. Strawberries. Adalah sumber dari vitamin C. Bahan-bahan sehat lainnya adalah: oranges, anggur,
lemon, lime (jeruk nipis), tangerine (sejenis jeruk),
broccoli, spinach (bayam), bell peppers, rosehips,
acerola cherries.
15. Ikan laut. Ikan merupakan sumber dari fatty acids (asam lemak Omega3: EPA, DHA, memperlancar aliran darah, lemak yang digunakan di otak dan mata). Jenis akan yang bagus adalah yang berasal dari laut dingin seperti: salmon, tuna. Ikan-ikan laut di Indonesia seperti: kembung, bawal, tenggiri, ikan terbang, adalah berkualitas seperti tuna/salmon. Selain itu, ikan juga mengandung dmae, yaitu senyawa protein yang berfungsi mengencangkan otot-otot, sehingga berkhasiat sama dengan operasi plastik (awet muda).
Obat-obatan
—————- 1. Garlic tablet (tablet bawang putih) 2. fish oil (minyak ikan), mengandung omega-3, yaitu
bahan pembentuk HDL yang mengurangi LDL (kolesterol). Dan mengurangi resiko jantung koroner. 3. tablet multivitamin dan mineral yang mengandung komponen-komponen anti oksidan (seperti vitamin-vitamin B, C, E, beta karoten, zinc).             


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: