Posted by: euzoia | September 29, 2010

BPHTB

detik Finance : Apa Landasan Hukum BPHTB?

Saya kurang paham tentang pengenaan BPHTB dalam proses pembelian properti. Sebagai pembeli saya sudah dikenakan Pajak atas penjual, akan tetapi saya juga dikenakan BPHTB, apa landasan hukumnya? terima kasih atas perhatiaannya

Jawaban:

Dari pertanyaan yang Sdr. kemukakan kami menduga/menyimpulkan bahwa pembelian property dimaksud dilakukan dari perusahaan real estate/pengembang.

Memang benar Sdr. dalam transaksi tersebut akan dipungut PPN oleh pihak penjual sesuai dengn ketentuan UU No.8 Tahun 983 tentang “Pajak Pertambahan Nilai Atas Barang Dan Jasa Dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah” s.t.d.t.d. UU No.18 Tahun 2000 (UU PPN).

Disamping itu, sesuai dengan ketentuan UU No.21 Tahun 1997 tentang “Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan” s.t.d.d. UU No.20 Tahun 2000 (UU BPHTB), pada waktu Sdr. membuat akte jual beli atas transaksi tersebut dihadapan Notraris/PPAT (yang akan ditindak lanjuti dengan pengurusan sertifikat hak atas tanah tersebut ke Badan Pertanahan Nasional/BPN) Sdr. harus menunjukan /melampirkan bukti setoran BPHTB atas tanah/bangunan yang bersangkutan.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: