Posted by: euzoia | March 3, 2010

dermaroller

TanyaDokter Discussion:

Bila scar luas dan dalam, memang tidak bisa teratasi hanya dengan menggunakan krim / peeling / mikrodermabrasi. Untuk scar yang luas dan dalam, kita harus melakukan remodelling kolagen (sampai ke lapisan kulit yang dalam). Remodelling kolagen ini bisa dilakukan dengan menggunakan laser Fraxell, Derma Roller, atau dengan Punch Dermal.

Fraxell menggunakan sinar laser. Pada saat pengerjaan kulit akan merasa panas, dan setelahnya dapat timbul kemerahan pada area yang di laser dan berlangsung sekitar 2-3 minggu. Pasien diminta menhindari aktivitas yang banyak terpajan dengan sinar matahari. Untuk hasil yang optimal, Fraxell sebaiknya dilakukan sebanyak 4x dengan interval 1 bulan/x. Tarif Fraxell bervariasi tergantung luas area yang diterapi. Kalau full face memang sekitar 5 juta untuk 1 x terapi. Kalau mid lower face (mulai dari bawah mata hingga dagu) sekitar 3,5 juta.

Derma Roller tidak menggunakan laser, namun menggunakan jarum halus yang di rolling ke area scar. Saat terapi kulit akan terlihat sembab, mengalami perlukaan, dan mengeluarkan sedikit darah. Pasca terapi, kemerahan berlangsung sekitar 2-3 hari diikuti dengan kulit yang mengering / mengelupas. Terapi dilakukan sebanyak 5x dengan interval 1-2 minggu sekali. Satu alat Derma Roller bisa digunakan untuk 5x terapi, dan hanya digunakan oleh 1 pasien saja (tidak dipindah-pindah ke orang lain karena jarum dapat menularkan penyakit dari 1 orang ke orang lain). Pasien yang scarnya tidak terlalu luas / dalam tidak perlu harus menjalani 5x terapi. Harga tindakan Derma Roller adalah sekitar 5-7,5 juta untuk 5x terapi (termasuk harga alat Derma Roller nya), tergantung dari luas area scar.

Pilihan ke-3 adalah Punch Dermal. Prinsip terapinya mirip dengan Derma Roller, namun rasa sakitnya lebih minimal dan penyembuhan lukanya lebih cepat. Jarum di rolling dengan menggunakan mesin khusus. Sebaiknya juga dilakukan tiap 1-2 minggu sekali. Harganya lebih murah dibandingkan dengan Derma Roller karena pasien tidak perlu membeli alat yang harus digunakan sampai 5x, dan tidak harus mengambil paket 5x terapi. Punch Dermal menggunakan jarum yang 1 x pakai buang (disposable needle). Jenis jarum bervariasi. Bila tujuannya hanya untuk mengecilkan pori (bukan scar) dan menghaluskan wajah, maka jarum yang digunakan lebih kecil/halus.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: