Posted by: euzoia | March 4, 2009

ORI006

INILAH.COM – Cara Aman Simpan Uang di 2009

INILAH.COM, Jakarta – Dimanakah menyimpan uang tahun depan? Instrumen apa saja yang layak untuk dimiliki di tengah-tengah krisis ekonomi yang diperkirakan makin memburuk pada 2009? Jawaban atas pertanyaan ini penting agar investasi Anda tidak jeblok.

Pertumbuhan ekonomi versi pemerintah tentu saja optimistis, ini sudah sewajarnya, karena jika pemerintah pesimistis maka semua elemen masyarakat akan mengikutinya. Dalam RAPBN 2009, ekonomi diperkirakan tumbuh 6%. Banyak lembaga dan ekonom memiliki perkiraan lebih rendah antara 4,5% hingga 5%.

Apa yang akan terjadi tahun depan mungkin bisa lebih buruk lagi karena negara-negara industri yang menjadi tujuan ekspor Indonesia justru diperkirakan mengalami pertumbuhan negatif. Paling banter tidak tumbuh sama sekali, seperti Jepang yang sudah mengumumkan ekonominya tumbuh nol persen.

Lalu dalam kondisi ekonomi yang tumbuh amat rendah itu, bahkan berpotensi untuk tidak tumbuh, dimanakah sebaiknya menanamkan investasi? Di saat sektor ekonomi yang menjadi penggerak pasar modal kurang baik, investasi di bursa jelas membutuhkan kehati-hatian. Simak betul sektor yang masih memiliki peluang untuk tumbuh.

Jika pemerintah memenuhi janjinya untuk menggerakan ekonomi dengan memperbesar proyek infrastruktur, maka sektor ini di bursa masih layak di koleksi. Pilih emiten infrastruktur yang memilik fundamental bagus.

Sektor telekomunikasi masih memilik prospek untuk tumbuh, tapi tidak sebagus 2008. Turunnya daya beli masyarakat dan banyaknya perusahaan yang melakukan PHK membuat permintaan terhadap produk telekomunikasi mengalami tekanan.

Portofolio yang juga patut dilirik adalah obligasi pemerintah. Tahun depan pemerintah merencanakan meluncurkan lagi obligasi ritel (ORI) seri 006 dan seri 007. Memang kemungkinan imbal baliknya akan kecil tapi investasi inilah yang paling aman ketika situasi tidak menentu.

Selain itu ada juga obligasi ritel syariah atau sukuk ritel. Jenis ini juga patut dikoleksi oleh investor yang memiliki tingkat ketahanan terhadap risiko menengah. Jika bunga rujukan BI diperkirakan makin turun tahun depan, maka obligasi menjadi pilihan.

Bagaimana dengan valuta asing? Pergerakan kurs valuta asing tahun depan diperkirakan tidak terlalu bergejolak. Jadi mungkin kurang memberikan gain.

Sementara sektor perbankan bisa dikatakan akan mengalami masalah. Kredit macet patut diduga akan membengkak seiring dengan banyaknya proyek yang gagal serta banyaknya orang yang dirumahkan. Penyaluran kredit juga seret, sehingga sumber pemasukan mereka pun mengecil. Dengan begitu kinerjanya memburuk.

Prinsip yang harus tetap ditaati adalah jangan menyimpan semua telur di satu keranjang. Jika terjadi kerusakan, semua telur akan busuk. [E1]


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: