Posted by: euzoia | March 4, 2009

Dolar Aussie melempem

PERGERAKAN DOLAR – Dolar Perkasa Atas 12 Mata Uang Teraktif Dunia | Kontan Online

TOKYO. Posisi dolar kian perkasa. Bahkan dolar terus menguat ke level tertinggi dalam tiga bulan terakhir terhadap euro. Hal ini terjadi setelah dirilisnya laporan mengenai perekonomian Australia yang kian melempem pada kuartal terakhir lalu.

Asal tahu saja, saat ini, posisi si hijau mengalami penguatan terhadap 12 dari 16 mata uang teraktif dunia. Hal ini mendongkrak Dollar Index mengalami penguatan tertinggi sejak April 2006 lalu. Beberapa mata uang yang keok jika dihadapkan dengan dolar antara lain dolar Australia, yang kian lemah ke posisi satu bulan terendah hari ini. Ada pula won milik Korea Selatan yang posisi saat ini menyentuh level paling lemah dalam 11 tahun terakhir.

“Angka Produk Domestik Bruto Australia cukup mengejutkan pasar. Hal ini yang menyebabkan para investor menarik diri dan tidak mau mengambil risiko yang mungkin terjadi. Kini, para investor memburu dolar sebagai safe heaven currency,” papar Toshihiko Sakai, Head of Trading for Foreign Exchange and Financial Products Mitsubishi UFJ Trust & Banking Corp.

Pada pukul 07.12 waktu London, dolar menguat menjadi US$ 1,2513 per euro dari sebelumnya US$ 1,2561 kemarin. Sementara, jika dihadapkan dengan yen, dolar menguat menjadi 98,49 per yen dari sebelumnya 98,16 per yen.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: