Posted by: euzoia | March 3, 2010

dermaroller 3

A to Z seputar kulit: dermaroller

Jarum-jarum halus membuat mulus
Kulit mulus, kencang dan cerah merupakan dambaan setiap orang. Namun sayangnya tidak semua orang beruntung mempunyai kulit demikian. Lubang-lubang bekas jerawat, pori besar, keriput, gangguan pigmentasi adalah kelainan yang banyak dikeluhkan, yang dapat menghalangi impian tersebut. Banyak metode dan prosedur dikembangkan untuk mengatasi kelainan ini, salah satunya adalah metode collagen induction therapy.
______________________________________________________________

Sebenarnya cikal bakal metode ini sudah mulai dikembangkan awal tahun 1990-an, namun baru 2 tahun terakhir ini metode collagen induction therapy (CIT) banyak dibicarakan dan dikembangkan di Indonesia. Sudah cukup banyak dokter kulit dan kelamin yang melakukan tindakan ini. Sebelumnya CIT dikenal dengan istilah skin needling technique.

CIT adalah suatu teknik untuk menginduksi (merangsang) pembentukan kolagen di lapisan kulit dengan menggunakan suatu alat roller. Roller tersebut berbentuk tabung kecil yang terdiri atas ratusan jarum-jarum berukuran halus (mikro).

Prinsip kerja CIT
Perlukaan akibat tusukan jarum-jarum halus ternyata akan merangsang kulit mengeluarkan berbagai faktor yang berfungsi untuk pertumbuhan (growth factor). Faktor pertumbuhan ini merangsang pembentukan dan pertumbuhan berbagai elemen kulit (regenerasi), termasuk pembentukan kolagen baru. Hal ini menyebabkan kulit menjadi lebih kenyal, padat dan kencang. Selain itu, rute yang terbentuk oleh jarum-jarum ini memaksimalkan penyerapan krim.

Indikasi CIT
Tindakan CIT dapat dikerjakan untuk memperbaiki kondisi:
Skar akne (lubang-lubang bekas jerawat)
Peremajaan kulit (memperbaiki tekstur kulit, mengurangi wrinkle/kerutan halus, mengecilkan pori)
Beberapa laporan terbaru melakukan CIT pada stretch mark, suatu kondisi yang sangat sulit diatasi. Ada perbaikan, walau tidak seperti yang diharapkan.

CIT berfungsi mengurangi dan memperbaiki kondisi kulit di atas, tidak menghilangkan 100%. Hal ini harus dipahami secara benar oleh pasien, sehingga harapan tidak terlalu berlebihan. Bila hasil tidak memuaskan, pasien mungkin memerlukan tindakan lain yang lebih efektif, misalnya laser.

Step by step
Bila anda adalah kandidat tepat untuk mendapatkan hasil maksimal, maka langkah yang dilakukan:
Pengolesan krim kebal 30-45 menit untuk menghilangkan rasa nyeri waktu pengerjaan. Bila masih nyeri, biasanya minimal dan dapat ditoleransi
Roller digerakkan berulang kali di atas permukaan kulit sampai terjadi perdarahan halus (pin point bleeding). Perdarahan hanya terjadi sebentar Pasien pulang tanpa perdarahan, hanya dengan muka sedikit lebih merah dari normal. Selama prosedur, pengolesan growth factor dari luar terus dilakukan untuk meningkatkan hasil kerja growth factor internal.
Selesai tindakan, dilakukan pengolesan masker vitamin C
Saat pulang, pasien akan mendapatkan 1 macam krim perawatan di rumah yang harus digunakan selama beberapa hari pasca tindakan
Prosedur serupa diulang 2 minggu kemudian, dengan menggunakan alat yang sama (1 pasien 1 alat). Alat berkualitas baik dapat digunakan 4-6 kali.

Selama 2-4 minggu sebelum tindakan, dokter akan memberikan krim-krim untuk digunakan secara teratur, sebagai skin priming. Tujuannya mempersiapkan kulit agar siap menerima tindakan tertentu, hasil lebih optimal, masa penyembuhan lebih cepat, serta efek samping (terutama bercak kehitaman) lebih minimal.

Keuntungan CIT adalah risiko minimal (bila dilakukan oleh tangan yang terampil), masa penyembuhan singkat (3-4 hari), pasien dapat langsung pulang dan beraktivitas selesai tindakan, serta dapat dilakukan pada berbagai tipe kulit, termasuk kulit Asia. Sudah banyak hasil CIT pada orang Asia (terutama orang Thailand dengan jenis kulit mirip orang Indonesia) yang dipublikasikan di junral kedokteran internasional.

Seperti juga tindakan lain, efek samping kadang dapat terjadi. EFek samping yang mungkin terjadi pada CIT adalah rasa nyeri, perdarahan, infeksi, milia (bintik-bintik putih) dan warna/bercak kehitaman (hiperpigmentasi).

Pemilihan alat
Saat ini tersedia beberapa roller dari produsen dan negara berbeda (Perancis, China, Korea, Australia, Amerika dan Afrika Selatan). Namun sampai saat ini yang memperoleh approval FDA (Food and Drug Administration – Badan POM di Amerika Serikat) adalah roller buatan Perancis. Perbedaan antara roller-roller tersebut terletak pada diameter jarum, kekuatan logam dan homogenisitas jarum. Alat berkualitas baik mempunyai diameter jarum yang kecil untuk mempercepat penyembuhan, terbuat dari bahan logam yang kuat untuk digunakan berulang kali tanpa berubah bentuk serta ukuran dan ketajaman jarum yang homogen/sama. Untuk hasil optimal, diperlukan dokter spesialis kulit dan kelamin yang terlatih dan berpengalaman, serta kualitas alat yang baik.

About these ads

Responses

  1. Teman2x,
    untuk membeli dermaroller yg berqualitas dan harga yg reasonable, serta bukan toko virtual, ini Real
    gw beli di daerah tebet, webnya http://dermaroller-jakarta.blogspot.com
    gw sangat puas sekali dengan pelayananya. tersedia Juga anaestesi serta lotion regenerasi kulit secara alami
    nih.. aku berikan no telpnya : 081399010626
    Produknya tersegel luar dan dalam, jadi aman buat kita
    met mencoba yaaa ………… :-)

  2. ini Informasi lengkapnya, mengenai Distributor Dermaroller, yg berqualitas,

    Telp. : (021)-45421737 HP:0813-990-10-626
    Lokasi : Jl. Persada Raya No: 5 /seberang klinik Persada Budiarto .
    Saharjo – Tebet Jakarta Selatan

    memakai jarum gold, sehingga tahan lama, tdk karatan, tdk membuat infeksi :


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: